Tentang Berandalan Puritan

Semua Penjelasan, Informasi, Latar Belakang dan Anggota Redaksi Berandalan Puritan Ada Di Halaman Ini. Selamat Membaca dan Melihat - lihat

Di Balik Eksistensi Berdirinya BERANDALAN PURITAN





Catatan ini dibuat diantara relung relung pertempuran hati. Pertarungan kehidupan yang serasa hanya berhenti jika kau merasakan mati. Karena pada hakikatnya Berandalan Puritan sendiri merupakan sebuah esensi pertempuran. Batin – batin yang luka, pengkhianatan yang coba maafkan, dan semangat yang tidak boleh mati.

Ini tentang wadah yang terorganisir, ini tentang fasilitas yang bisa terbangun dalam suasana persaudaraan. Perlu sebuah alur dan struktur yang mengatur arah kemana komunitas ini dibawah. Karena sebenarnya secara factual komunitas Berandalan Puritan bukanlah komunitas gerakan berlabel agama, yang didalam aplikasinya mengalami tuntutan dan keterikatan ini itu dalam hidupnya. Satu – satunya yang mengikat para berandalan puritan adalah pertarungan hidup itu sendiri, karena disitu ada prinsip prinsip yang membedakan sebuah pilihan hidup, karena disitu ada konsekuensi logis tentang dasar sebuah perubahan yang lebih baik. Dan disitulah letak pembelajaran bagi siapa saja yang ingin menjadi Berandalan Puritan.

Awalnya semua ini merupakan ide sederhana seorang Thufail Al Ghifari, setelah mendirikan The Roots Of Madinah dan melihat iklim dan perubahan alur gerak dalam pemikirannya sendiri. Thufail berpikir perlu wadah untuk melihat akses efektifitas dari hadirnya sebuah band Rock N’ Roll bernama The Roots Of Madinah. Semua ini tentunya untuk membedakan makna eksistensi dari The Roots Of Madinah itu sendiri.

The Roots Of Madinah yang di gawangi oleh Thufail, Arif dan Udenk Hermawan, selama 3 tahun sejak berdirinya memang mengalami dinamisasi yang luar biasa. Perubahan karakter musik dari Thufail Al Ghifari yang berubah 180 derajat, di tambah dengan hadirnya Arif Attack dan Udenk Hermawan. Membawa hawa tersendiri ke dalam area eksistensi Thufail Al Ghifari yang banyak dikenal sebagai Rapper dengan pesan pesan keislaman.

Dari sepak terjang The Roots Of Madinah inilah, Thufail lalu mendirikan wadah bernama Berandalan Puritan. Berandalan Puritan secara eksistensi memang merupakan wadah yang dibangun untuk para pendengar lagu – lagu The Roots Of Madinah, yang memang The Roots Of Madinah sendiri dalam syair – syair lagunya lebih banyak membahas tema tema bernuansakan Berandalan Puritan mulai dari keperdulian terhadap penolakan penjajahan hingga lagu – lagu yang menginspirasi orang untuk tetap survive melawan hidup yang makin berkutat dengan pasar bebas, kapitalisasi, hegemoni pemodal dan tetek bengeknya hingga syair syair berunsur religius.

Sejak oktober 2009, blogspot berandalan puritan diselesaikan dengan baik dari tangan Thufail Al Ghifari seorang diri. Dan dalam kurun waktu menuju 2010 wacana tentang Berandalan Puritan terus di godok dan dilempar ke beberapa scene dan sahabat sahabat yang bersangkutan dengan The Roots Of Madinah. Begitu banyak ide yang masuk, pro kontra bahkan caci maki terhadap ide ini. Bahkan sempat beberapa kali seperti hendak pupus ditengah jalan. Karena pada akhirnya mobilisasi Berandalan Puritan murni di handle oleh Thufail Al Ghifari seorang diri.

Namun tidak patah semangat, setelah melewati itu semua. Di bulan Februari 2010, Berandalan Puritan menetapkan kemantapan dirinya bahwa ia adalah salah satu sub organisasi dibawah naungan dari Managemen The Roots Of Madinah.

Ada dua cita cita utama dari Berandalan Puritan itu sendiri. Yang pertama adalah ia akan diproses menjadi sebuah portal berita yang membahas berbagai macam hal mulai dari dunia music hingga berita berita internasional, dan juga membuka kerjasama dengan portal portal berita seperti eramuslim.com, muslimdaily.net, hidayatullah.com, hingga portal berita music yang bersifat indie sepertisitus cecey.cn dan gerilyamagazine.com dan masih banyak lagi.

Dan cita – cita kedua adalah membuat wadah tongkrongan dan jaringan tempat berkumpulnya para berandalan puritan yang akan dikelola langsung oleh managemen The Roots Of Madinah. Wadah yang isinya merupakan perkumpulan yang lebih dari sekedar kawan – kawan penyuka music The Roots Of Madinah, tapi juga bisa menampung banyak teman teman yang ingin bersahabat sambil pelan pelan membangun persaudaraan yang menginspirasi untuk perbaikan perbaikan kehidupan diatas nilai nilai religius.

Singkatnya dari semua itu berandalan puritan akan membuat perkumpulan seperti rumah singgah untuk anak – anak jalanan, seniman jalanan dan sebagainya. Yang disitu juga akan terdapat distro clothing, tempat belajar berbagai macam hal mulai dari ilmu islam, computer, diskusi juga belajar usaha usaha perekonomian mandiri bersama – sama. Namun memang start awal dari semua ini dimulai dari para pecinta lagu – lagu The Roots Of Madinah dan Thufail Al Ghifari, dari situlah kami berangkat untuk mengembangkannya. Karena biar bagaimanapun di dalam sebuah perkumpulan disunnahkan bagi kita untuk memilih seorang pemimpin. Maka pemimpin dari Berandalan Puritan itu adalah band rock n roll bernama The Roots Of Madinah itu sendiri.

Namun dalam pengelolaannya, Managemen The Roots Of Madinah tidak turun langsung kelapangan. Namun memposisikan beberapa perpanjangan tangan untuk mengelola semuanya, juga melibatkan beberapa pihak sebagai penasehat dalam laju mobilisasi Berandalan Puritan itu sendiri. Dalam hal ini posisi The Roots Of Madinah memang sudah memiliki dua anak perusahaan yaitu Hope Clothing, sebuah clothing yang fokus mengurus semua merchandise The Roots Of Madinah, ditambah dengan Berandalan Puritan yang fokusnya untuk mengelola komunitas dari The Roots Of Madinah itu sendiri.

Jadi dengan hadirnya tulisan ini akan makin memperjelas bentuk dari Berandalan Puritan itu sendiri, mulai saat dibentuknya hingga ke hari – hari selanjutnya. Bahwa semua mobilisasi dari Berandalan Puritan ada dibawah naungan dari Managemen The Roots Of Madinah. Alhamdulillah…